CBIS
atau Computer Base Information System, yaitu komputer yang memainkan peranan
penting dalam suatu sistem pengolahan data menjadi sebuah informasi. Secara
teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan
komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem
informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya
komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu
berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi
yang berbasis pada komputer. CBIS ini diharapkan dapat menghasilkan informasi
yang berkualitas, agar suatu perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lain. Contohnya perusahaan Blue Bird Group dengan
perusahaan Taxi Express Group (taksi Express) Mereka saling
memiliki nilai lebih dengan menggunakan sistem
informasi manajemen seperti :
Pada
perusahaan Blue Bird Group sejarah yang menjadi awal mulanya Blue bird ‘muda’
didirikan untuk menyediakan alternatif jasa transportasi berkualitas yang
memang belum ada pada waktu itu. Karena pada tahun 1972, jauh sebelum Jakarta
berkembang menjadi kota metropolis yang berpenduduk sekitar 12 juta orang, Blue
Bird telah hadir menjadi pelopor pengenaan tarif taksi berdasarkan sistem argo,
serta melengkapi seluruh armadanya yang ber-AC . Untuk mempertahankan kualitas
pelayanan, perusahaan pun membangun sejumlah bengkel khusus untuk merawat
armadanya. Pengalaman panjang mengelola bisnis transportasi mendukung upaya
perusahaan mengembangkan teknologi baru dan mengelola sumber daya manusia, agar
tetap unggul. Dari kantor pusatnya di
Jakarta, perusahaan telah berkembang pesat merambah bisnis lainnya dengan tetap
memperhatikan layanan pelanggan sebagai pedoman. Semakin kesini perusahaan Blue Bird terus
berkembang menggunakan teknologi GPS
(Global Positioning System). Selain digunakan untuk melacak posisi
armada-armadanya, GPS ini juga digunakan sarana berkomunikasi antara armada
taksi dengan Call Center. teknologi GPS ini mempermudah operator dalam
menentukan posisi konsumen dan armada mana yang dapat menjangkaunya, sehingga
pelayanan bisa dilakukan lebih cepat dan mengurangi antrean pemesanan.
Keunggulan lainnya, bukan hanya ramah, sopan dan santun terhadap konsumen saja
melainkan konsumen tidak perlu mendengarkan suara dari radio komunikasi ketika
ada pemesanan yang masuk ke pengemudi taksi.
Pada
perusahaan Taxi Express Group (taksi Express) didirikan pada bulan
Desember 1989 sebagai salah satu perusahaan dari Rajawali Group dengan menyediakan
layanan transportasi darat untuk melayani kebutuhan para konsumen dan menawarkan
taksi regular dan premium. sejalan dengan potensi permintaan
pasar yang terus bertambah pada tahun 2013, Express Group
(taksi Express) juga akan
meningkatkan teknologi dan kapasitas SDM yang dimiliki perusahaan. Express
Group (taksi Express)
tidak hanya memiliki karyawan ramah, sopan dan santun tapi mereka telah
menerapkan sistem prabayar sebagai salah satu alternatif pembayaran bagi
pelanggan. Langkah itu dilakukan melalui kerjasama dengan BCA Flazz di armada (taksi Express).
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar