Senin, 21 Oktober 2013

....C B I S....


CBIS atau Computer Base Information System, yaitu komputer yang memainkan peranan penting dalam suatu sistem pengolahan data menjadi sebuah informasi. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer. CBIS ini diharapkan dapat menghasilkan informasi yang berkualitas, agar suatu perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lain.  Contohnya perusahaan Blue Bird Group dengan perusahaan  Taxi Express Group (taksi Express) Mereka saling memiliki nilai lebih dengan menggunakan sistem  informasi manajemen seperti :
Pada perusahaan Blue Bird Group sejarah yang menjadi awal mulanya Blue bird ‘muda’ didirikan untuk menyediakan alternatif jasa transportasi berkualitas yang memang belum ada pada waktu itu. Karena pada tahun 1972, jauh sebelum Jakarta berkembang menjadi kota metropolis yang berpenduduk sekitar 12 juta orang, Blue Bird telah hadir menjadi pelopor pengenaan tarif taksi berdasarkan sistem argo, serta melengkapi seluruh armadanya yang ber-AC . Untuk mempertahankan kualitas pelayanan, perusahaan pun membangun sejumlah bengkel khusus untuk merawat armadanya. Pengalaman panjang mengelola bisnis transportasi mendukung upaya perusahaan mengembangkan teknologi baru dan mengelola sumber daya manusia, agar tetap unggul.  Dari kantor pusatnya di Jakarta, perusahaan telah berkembang pesat merambah bisnis lainnya dengan tetap memperhatikan layanan pelanggan sebagai pedoman.  Semakin kesini perusahaan Blue Bird terus berkembang  menggunakan teknologi GPS (Global Positioning System). Selain digunakan untuk melacak posisi armada-armadanya, GPS ini juga digunakan sarana berkomunikasi antara armada taksi dengan Call Center. teknologi GPS ini mempermudah operator dalam menentukan posisi konsumen dan armada mana yang dapat menjangkaunya, sehingga pelayanan bisa dilakukan lebih cepat dan mengurangi antrean pemesanan. Keunggulan lainnya, bukan hanya ramah, sopan dan santun terhadap konsumen saja melainkan konsumen tidak perlu mendengarkan suara dari radio komunikasi ketika ada pemesanan yang masuk ke pengemudi taksi.
Pada perusahaan Taxi Express Group (taksi Express) didirikan pada bulan Desember 1989 sebagai salah satu perusahaan dari Rajawali Group dengan menyediakan layanan transportasi darat untuk melayani kebutuhan para konsumen dan menawarkan taksi regular dan premium. sejalan dengan potensi permintaan pasar yang terus bertambah pada tahun 2013, Express Group (taksi Express) juga akan meningkatkan teknologi dan kapasitas SDM yang dimiliki perusahaan. Express Group (taksi Express) tidak hanya memiliki karyawan ramah, sopan dan santun tapi mereka telah menerapkan sistem prabayar sebagai salah satu alternatif pembayaran bagi pelanggan. Langkah itu dilakukan melalui kerjasama dengan BCA Flazz di armada (taksi Express).

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar